May 12, 2019

2 Pengertian Newsletter Menurut Ahli


Newsletter atau laporan berkala menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah lembaran cetakan berupa pamflet atau surat kabar yang diterbitkan pada waktu-waktu tertentu yang berisi tentang perkembagan perusahaan. Menurut Kriyanto menjelaskan newsletter merupakan in house journal yakni terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri, berdasarkan teori diatas maka Penulis memahami bahwa newsletter adalah media internal perusahaan yang berisikan tentang informasi dan aktifitas yang dilakukan karyawan atau perusahaan dan jumlah halamannya lebih sedikit di bandingkan dengan majalah. Sedangkan menurut Ruslan menyebutkan bahwa demi newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memilik waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
Newsletter termasuk ke dalam media selebaran, contoh lainnya adalah pamflet, booklet dan lain-lain. Menurut buku Pengantar Jurnalistik newsletter menjelaskan suatu tujuan dan ramalan-ramalan tentang suatu keadaan atau peristiwa, tetapi sebagian besar isinya membicarakan tentang bidang tertentu, seperti bisnis, energi, kesehatan, kenyamanan, perjalanan, minyak, makanan, atau penerbangan yang diedarkan secara harian atau mingguan. Penerbitan informal ini dibuat dengan format yang sederhana dan ringkas, bersifat umum tetapi isinya tidak tetap. Newsletter sebagai media komunikasi telah ada dan berkembang secara pesat sejak Perang Dunia 2 dan pertama kali muncul pada abad ke 17 di Belanda. Organissasi yang menaungi penerbitan Newsletter adalah Newsletter Association of America yang berpusat di New York City pada tahun 1977 yang kemudia berubah menjadi Newsletter Association pada tahun 1982. Pada zaman sekarang yang beredar adalah newsletter dalam segala jenis. Pada umumnya sirkulasi majalah saat ini memiliki tim yang menyusun newsletter serta banyak organisasi-organisasi yang juga mengeluarkan newsletterNewsletter banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menyebarkan informasi perusahaan atau peristiwa yang terjadi di dalam perusahaan tesebut. Banyak perusahaan menggunakan newsletter untuk berkomunikasi secara internal. Newsletter memiliki bagian-bagian atau susunan yang hampir sama dengan koran. Dalam newsletter terdapat nama perusahaan, judul berita utama, isi berita, daftar isi, identitas perusahaan dan informasi tambahan. Di dalam newsletter tidak terdapat iklan. Menurut Septiawan Santana Newsletter adalah usaha mapan di batasan dan bentuk pasarnya. Menawarkan informasi, advis, dan pelbagai petunjuk.

No comments:

Post a Comment