May 12, 2019

4 Cara Pembagian Waktu Siaran pada Media Radio dan Televisi


     Pembagian waktu siaran pada media disesuaikan dengan usia dan jumlah peminat tayangan program pada televisi. Selain itu pembagian waktu siaran juga disesuaikan dengan suasana pada umumnya. Sehingga media perlu mengatur program-program yang sesuai dengan peminat tayangan, maka dengan demikian rating tayangan atau siaran akan tetap tinggi.
         Pertama ada acara pagi, di dalam  acara siaran di pagi hari biasanya berisi acara hiburan yang berfungsi sebagai penyemangat untuk mengawali aktifitas di pagi hari. Selain acara hiburan juga terdapat warta berita yang merupakan sisa dari berita-berita malam yang tidak sempat disiarkan atau berita-berita ulangan yang penting yang terjadi di malam harinya.
      Kedua adalah acara siang di dalam acara siaran di siang hari biasanya berisi acara yang sesuai dengan suasana di siang hari  seperti siaran pendidikan, siaran pemberitaan dan penerangan, siaran hiburan, dan siaran lain-lain. Mayoritas pendengar acara siang biasanya didominasi oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Maka dari itu, disajikan pula acara-acara khusus seperti informasi cara merawat bayi, masak memasak, kesehatan, dan lain-lain. Sedangkan siaran hiburan bisanya berisi siaran musik yang tenang.
      Ketiga adalah acara petang , di dalam acara siaran petang biasanya disiarkan antara jam 17.00 dan 18.00. Acara siaran petang biasanya berisi acara siaran pendidikan, siaran pemberitaan dan penerangan, dan siaran lain-lain. Mayoritas pendengar acara petang biasanya didominasi oleh kaum anak-anak. Maka dari itu, disajikan pula acara-acara khusus yang sesuai dengan dunia anak-anak seperti kepramukaan, dongengan, nyanyian anak-anak, dan lain-lain.
     Terakhir adalah acara malam, di dalam acara malam ini merupakan waktu yang terbaik (prime time) dalam siaran ialah antara jam 19.00 sampai 23.00. Pada jam-jam tersebut acara alamiah siaran akan diterima sebaik-baiknya dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya. Selain itu, jumlah pendengar dan pemirsa pada jam-jam  tersebut akan lebih banyak karena orang-orang pada umumnya telah berada di rumah masing-masing. Oleh karena itu, pada jam-jam tersebut, program siaran sebaiknya berisi top program atau program yang terbaik. Selain itu, program-program yang disajikan harus menarik perhatian pendengar dan pemirsa .

Kenapa Tayangan Anak Semakin Sedikit?


No comments:

Post a Comment