Apr 20, 2019

Teknik Penulisan 5 Bagian Teks Iklan


Dalam penulisan teks ada beberapa tahap yang dapat kita lakukan. Setiap bagian dari teks iklan memiliki tahan yang berbeda. Kita mulai dari yang pertama adalah menulis Headline. Headline harus dibuat menarik dan menonjol sehingga orang mau membaca teksnya (bodycopynya) dan dapat dipercaya serta meyakinkan, namun jangan dibuat berlebihan. Headline yang baik adalah yang dapat membuat orang secara spontan membaca bodycopynya. Headline memiliki berbagai jenis yaitu dari gaya dan struktur kalimatnya, headline bisa berbentuk pernyataan   (statement), membangkitkan rasa keingintahuan atau membuat penasaran (curiosity), pertanyaan (question), menggoda (intriguing), mengejutkan (shocking), retorika (rhetoric), bujukan (persuasion) dan sebagainya.
Selanjutnya adalah cara menulis Bodycopy. Pesan iklan yang disampaikan dalam headline dan bodycopy harus jelas. Artinya, kita ingin agar konsumen berbuat apa setelah membaca iklan kita. Kalimat yang digunakan dalam pembuatan bodycopy haruslah efisien dan efektif yaitu singkat, padat namun menarik dan dengan mudah dapat ditangkap artinya oleh pembaca atau sasaran.
Ketiga yaitu Advertorial. Advertorial merupakan iklan yang ditulis dengan gaya editorial yang memiliki isi pesan dan gaya tulisannya lebih serius. Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap apa yang kita paparkan dalam advertorial, sebaiknya ditampilkan angka-angka hasil riset, statistik, reference ilmiah, ataupun makalah yang ditulis oleh lembaga profesional yang berkaitan. Untuk iklan komersial, copywriter biasanya menggunakan teknik testimonial. Namun, hati-hati dalam menggunakan teknik testimonial, karena harus benar didukung data dan fakta.
Berikutnya adalah cara menyunting naskah. Setelah sebuah headline atau bodycopy selesai dibuat, perlu dilakukan penyuntingan untuk menghindari penggunaan kata yang tidak diperlukan seperti terlalu bertele-tele yang membuat orang menjadi malas untuk membacanya. Biasanya penyuntingan dilakukan pada tahap akhir sebelum akhirnya disetujui.





No comments:

Post a Comment