Menulis naskah iklan radio sama seperti menulis naskah sandiwara atau
sreenplay. Yang membedakan adalah gaya bahasa, batasan waktu, dan peristilahan.
Dalam
iklan cetak, kita dibatasi oleh ukuran lebar kolom dan milimeter, sedangkan
dalam iklan radio kita dibatasi oleh waktu atau durasi. Untuk iklan televisi tidak hanya memuat
pesan iklan yang verbal untuk diperdengarkan, juga memuat visual atau gambar
untuk diperlihatkan kepada pemirsa atau sasaran. Script
untuk televisi harus memberikan ruang untuk menampilkan gambar, baik gambar
produk yang ditawarkan, gambar orang, cartoon maupun scenes lain sesuai dengan
story line atau scenario yang sudah dibuat. Yang terakhir untuk media lain-lain seperti brosur, leaflet, pamhlet,
stiker, dan sejenisnya sama seperti menulis iklan di koran atau majalah. Bedanya,
menulis untuk jenis media ini ukurannya ditentukan oleh kita sendiri.
93.1 KMKT Studio Tour "How It's Done"
93.1 KMKT Studio Tour "How It's Done"
No comments:
Post a Comment