Seseorang yang bertugas untuk menulis berbagai jenis naskah atau teks iklan
untuk dicetak atau dimuat dalam media cetak atau
diperdengarkan di radio atau televisi
disebut “penulis naskah iklan” atau lebih popular dalam bahasa Inggris, copywriter. Jika teks iklan tersebut
berbentuk screenplay, yaitu sejenis
drama atau dialog untuk dimuat di media elektronik, dalam bahasa Inggris
penulis itu disebut scriptwriter.
Karena setiap iklan
khususnya yang tergolong media cetak perlu dirancang tata-letaknya dan hampir
setiap iklan menampilkan gambar, baik gambar produk, orang (model) ataupun
ilustrasi lainnya, seseorang copywriter
memerlukan mitra yang mempunyai keahlihan di bidang pembuatan gambar dan layout.
Gaya bahasa untuk media
elektronik adalah gaya bahasa lisan atau yang biasa disebut dalam bahasa
Inggris colloquial. Dalam naskah
iklan untuk media cetak tentu dicetak. Sedangkan naskah iklan untuk media
elektronik adalah untuk di rekam di studio rekaman, yang kemudian disiarkan
atau di perdengarkan oleh media yang bersangkutan.
Sehingga bisa ditarik
kesimpulan teks iklan merupakan suatu media komunikasi yang efektif untuk
menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan mempengaruhi,
mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk maupun merayu
target audience.
Inside The World Of Creative Advertising Agencies
Inside The World Of Creative Advertising Agencies
No comments:
Post a Comment