Apr 20, 2019

Pengertian Teks Iklan Dalam Media Massa


Seseorang yang bertugas untuk menulis berbagai jenis naskah atau teks iklan untuk dicetak atau dimuat dalam media cetak atau diperdengarkan di radio atau televisi disebut “penulis naskah iklan” atau lebih popular dalam bahasa Inggris, copywriter. Jika teks iklan tersebut berbentuk screenplay, yaitu sejenis drama atau dialog untuk dimuat di media elektronik, dalam bahasa Inggris penulis itu disebut scriptwriter.
Karena setiap iklan khususnya yang tergolong media cetak perlu dirancang tata-letaknya dan hampir setiap iklan menampilkan gambar, baik gambar produk, orang (model) ataupun ilustrasi lainnya, seseorang copywriter memerlukan mitra yang mempunyai keahlihan di bidang pembuatan gambar dan layout.
Gaya bahasa untuk media elektronik adalah gaya bahasa lisan atau yang biasa disebut dalam bahasa Inggris colloquial. Dalam naskah iklan untuk media cetak tentu dicetak. Sedangkan naskah iklan untuk media elektronik adalah untuk di rekam di studio rekaman, yang kemudian disiarkan atau di perdengarkan oleh media yang bersangkutan.
Sehingga bisa ditarik kesimpulan teks iklan merupakan suatu media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk maupun merayu target audience.


Inside The World Of Creative Advertising Agencies





No comments:

Post a Comment