Media
cetak dalam media massa memuat adanya iklan yang merupakan salah satu rubrik
dari media massa. Iklan cetak umumnya memeliki unsur-unsur utama yang
menggunakan istilah-istilah sebagai berikut. Pertama terdapat headline atau judul (yang
tentunya harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya). Judul merupakan bagian yang penting dalam iklan. Kedua
terdapat visual, ilustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan
dengan konsep kreatif dan/atau foto produk itu sendiri.
Ketiga terdapat bodycopy atau teks yang
memberikan informasi lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual. Keempat adalah product sbot atau foto produk (yang sekaligus bisa
menampilkan nama merk). Product sbot ini bias saja merupakan main visual atau
ilustrasi utama. Kelima terdapat baseline yang biasanya terletak paling bawah
di lagout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase,
atau nama dan alamat perusahaan pengiklan. Terdapat dua unsur anatomi yang
sering muncul dalam teks iklan yaitu
kupon bila pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk
kepentingan survei konsumen dengan pencantuman kode tertentu. dan flash yang merupakan kalimat singkat untuk menarik perhatian
pembaca terhadap produk yang diiklankan, misalnya perkataan
“baru”, “harga diturunkan”, dan sebagainya, yang di tulis dalam bentuk grafis
tertentu untuk mendapatkan perhatian khusus konsumen.
No comments:
Post a Comment