Apr 20, 2019

5 Bagian dari Naskah Iklan Media Cetak


Media cetak dalam media massa memuat adanya iklan yang merupakan salah satu rubrik dari media massa. Iklan cetak umumnya memeliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut. Pertama terdapat headline atau judul (yang tentunya harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya). Judul merupakan bagian yang penting dalam iklan. Kedua terdapat visual, ilustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan/atau foto produk itu sendiri.
Ketiga terdapat bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual. Keempat adalah product sbot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Product sbot ini bias saja merupakan main visual atau ilustrasi utama. Kelima terdapat baseline yang biasanya terletak paling bawah di lagout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan. Terdapat dua unsur anatomi yang sering muncul dalam teks iklan yaitu kupon bila pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk kepentingan survei konsumen dengan pencantuman kode tertentu. dan flash yang merupakan kalimat singkat untuk menarik perhatian pembaca terhadap produk yang diiklankan, misalnya perkataan “baru”, “harga diturunkan”, dan sebagainya, yang di tulis dalam bentuk grafis tertentu untuk mendapatkan perhatian khusus konsumen.

No comments:

Post a Comment