Apr 20, 2019

2 Jenis Iklan Berdasarkan Sifat


Jenis iklan yang pertama adalah iklan komersial. Iklan komersial adalah iklan yang bersifat menjual produk atau jasa secara langsung. Di antaranya iklan konsumen, iklan yang menjual barang-barang konsumsi. Contohnya, shampo, pakaian, mobil, makanan, dan barang-barang yang dikonsumsi lainnya, iklan antarbisnis, iklan yang menawarkan barang-barang nonkomsumsi. Sasarannya adalah perusahaan. Contohnya, barang mentah yang harus diolah lagi untuk menghasilkan suatu produk tertentu, iklan perdagangan, adalah iklan yang menawarkan barang-barang yang akan di jual lagi. Oleh karena itu yang menjadi sasarannya adalah para pemasok, grosir, agen, retail atau pengecer, iklan pengecer, adalah iklan yang dilakukan oleh pengecer agar dagangannya laku. Contohnya, iklan discount besar-besaran di Mall selama Ramadhan/ Natal, dan Iklan respons langsung, adalah iklan jenis baru yang memungkinkan konsumen dapat memberikan respons langsung ketika melihatnya. Contohnya, ketika ada iklan hp Oppo F9 maka permintaan ini dapat disampaikan langsung melalui contact person, email, atau internet
Berikutnya dan yang terakhir adalah iklan nonkomerial yang memiliki sifat tidak secara langsung menjual produk atau jasa, melaikan bersifat “soft-selling” yaitu lebih kepada menjual citra (image-selling) bukan menjual produk (hard-product selling). Yang termasuk ke dalam iklan nonkomersial di antaranya: Iklan public relations, yaitu iklan bertujuan memberikan informasi penting tentang perusahaan kepada publik. Contohnya, iklan tentang akuisisi, pergantian direksi, perubahan jadwal penerbangan, pindah kantor/cabang dan pengumanan perubahan saham, Iklan institusi, adalah jenis iklan yang bertujuan membangun citra perusahaan. Artinya menanamkan kesadaran akan nama perusahaan dikaitkan dengan citra tertentu yang ingin dilekatkan pada benak public, Iklan layanan masyarakat, adalah iklan yang berisi pesan-pesan yang mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan program-program yang ditujukan untuk kepentingan bersama. Contohnya, iklan bahaya merokk, tentang bahaya HIV/AIDS, Iklan lowongan pekerjaan, adalah iklan yang berisi informasi tentang kebutuhan perusahaan untuk mencari karyawan baru, Iklan identitas korporat, adalah iklan yang lebi menonjolkan atau mengenalkan simbol-simbol yang bisa mengingatkan khalayak akan identitas perusahaan.
Iklan-iklan tersebut menjual ide atau gagasan untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat, membangun kesadaran merk, dan citra perusahaan.

Infromasi Tapi Iklan







No comments:

Post a Comment