Jenis iklan yang pertama adalah iklan komersial. Iklan
komersial adalah iklan yang bersifat menjual produk atau
jasa secara langsung. Di antaranya iklan konsumen, iklan yang menjual
barang-barang konsumsi. Contohnya, shampo, pakaian, mobil, makanan, dan
barang-barang yang dikonsumsi lainnya, iklan antarbisnis, iklan yang menawarkan
barang-barang nonkomsumsi. Sasarannya adalah perusahaan. Contohnya, barang
mentah yang harus diolah lagi untuk menghasilkan suatu produk tertentu, iklan
perdagangan, adalah iklan yang menawarkan barang-barang yang akan di jual lagi.
Oleh karena itu yang menjadi sasarannya adalah para pemasok, grosir, agen,
retail atau pengecer, iklan pengecer, adalah iklan yang dilakukan oleh pengecer
agar dagangannya laku. Contohnya, iklan discount besar-besaran di Mall selama
Ramadhan/ Natal, dan Iklan respons langsung, adalah iklan jenis baru yang
memungkinkan konsumen dapat memberikan respons langsung ketika melihatnya.
Contohnya, ketika ada iklan hp Oppo F9 maka permintaan ini dapat disampaikan
langsung melalui contact person, email, atau internet
Berikutnya dan yang terakhir adalah iklan nonkomerial
yang memiliki sifat tidak secara langsung menjual produk atau
jasa, melaikan bersifat
“soft-selling” yaitu lebih kepada menjual citra (image-selling) bukan menjual
produk (hard-product selling). Yang termasuk ke dalam iklan nonkomersial di
antaranya: Iklan public relations, yaitu iklan bertujuan memberikan informasi
penting tentang perusahaan kepada publik. Contohnya, iklan tentang akuisisi,
pergantian direksi, perubahan jadwal penerbangan, pindah kantor/cabang dan
pengumanan perubahan saham, Iklan institusi, adalah jenis iklan yang bertujuan
membangun citra perusahaan. Artinya menanamkan kesadaran akan nama perusahaan
dikaitkan dengan citra tertentu yang ingin dilekatkan pada benak public, Iklan
layanan masyarakat, adalah iklan yang berisi pesan-pesan yang mengingatkan dan
mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan program-program yang
ditujukan untuk kepentingan bersama. Contohnya, iklan bahaya merokk, tentang
bahaya HIV/AIDS, Iklan lowongan pekerjaan, adalah iklan yang berisi informasi
tentang kebutuhan perusahaan untuk mencari karyawan baru, Iklan identitas
korporat, adalah iklan yang lebi menonjolkan atau mengenalkan simbol-simbol
yang bisa mengingatkan khalayak akan identitas perusahaan.
Iklan-iklan
tersebut menjual ide atau gagasan untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat,
membangun kesadaran merk, dan citra perusahaan.
Infromasi Tapi Iklan
Infromasi Tapi Iklan
No comments:
Post a Comment