Apr 20, 2019

3 Jenis Berita Berdasarkan Tujuan


Iklan dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan tujuannya. Jenis yang perrtama adalah iklan informasi yang tujuannya untuk memberi tahu tentang produk baru, memberi tahu perubahan harga atau kemasan, menjelaskan cara kerja produk, mengurangi ketakutan konsumen, mengoreksi infromasi yang keliru terhadap produk, menginformasikan kegunaan baru dari produk tertentu, dan menyebutkan pula jasa atau servis yang menyertai produk.
Kedua adalah jenis iklan persuasif. Iklan jenis ini secara langsung memersuasi atau mengajak orang untuk memilih merk yang diiklankan, menganjurkan memberi merk yang diiklankan, mengubah persepsi konsumen tentang merk tertentu, dan membujuk konsumen untuk membeli atau menerima penawaran.
Jenis yang terakhir adalah iklan pengingat atau reminder yang memiliki tujuan untuk mengingatkan bahwa produk itu mungkin akan sangat dibutuhkan dalam waktu dekat ini, menjaga kesadaran akan produk, menjalin hubungan baik dengan konsumen, mengingatkan di mana membeli produk itu, mengingatkan konsumen di waktu pasaran sepi, dan memantapkan atau meneguhkan bahwa pilihan konsumen tepat. Pada iklan pengingat biasa bersifat tidak menjual produk secara langsung. Melainkan hanya sekedar beriklan agar tetap terjaga kesadaran terhadap produk dan perusahaan.

No comments:

Post a Comment