Iklan dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan
tujuannya. Jenis yang perrtama adalah iklan informasi yang tujuannya untuk
memberi tahu tentang produk baru, memberi tahu perubahan
harga atau kemasan, menjelaskan cara kerja produk, mengurangi ketakutan
konsumen, mengoreksi infromasi yang keliru terhadap produk, menginformasikan
kegunaan baru dari produk tertentu, dan menyebutkan pula jasa atau servis yang
menyertai produk.
Kedua adalah jenis iklan persuasif. Iklan jenis ini secara
langsung memersuasi atau mengajak orang untuk memilih merk yang diiklankan, menganjurkan
memberi merk yang diiklankan, mengubah persepsi konsumen tentang merk tertentu,
dan membujuk konsumen untuk membeli atau menerima penawaran.
Jenis yang terakhir adalah iklan pengingat atau reminder
yang memiliki tujuan untuk mengingatkan bahwa produk itu mungkin
akan sangat dibutuhkan dalam waktu dekat ini, menjaga kesadaran akan produk,
menjalin hubungan baik dengan konsumen, mengingatkan di mana membeli produk
itu, mengingatkan konsumen di waktu pasaran sepi, dan memantapkan atau
meneguhkan bahwa pilihan konsumen tepat. Pada
iklan pengingat biasa bersifat tidak menjual produk secara langsung. Melainkan
hanya sekedar beriklan agar tetap terjaga kesadaran terhadap produk dan
perusahaan.
No comments:
Post a Comment