Iklan
adalah bentuk komunikasi nonoperasional mengenai suatu organisasi, produk,
servis atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui. ‘Dibayar’
memiliki pengertian pada definisi tersebut menunjukkan fakta bahwa ruang atau
waktu bagi suatu pesan iklan pada umumnya harus dibeli. Maksud dari kata
‘nonoperasional’ berarti suatu iklan melibatkan media masa (TV, radio, majalah,
koran, dll) yang dapat menyampaikan pesan kepada sejumlah besar kelompok
individu pada saat bersamaan. Iklan juga merupakan salah satu bentuk promosi
yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini ada
kemungkinan karena daya jangkau iklan
sangat luas. Iklan juga menjadi instrumen promosi yang sangat penting,
khususnya bagi perusahaan yang memproduksi barang-barang atau jasa yang
ditunjukan kepada masyarakat luas. Ada beberapa alasan pemasangan iklan di
media massa seperti pemasangan iklan dalam media masa dinilai efesien dari segi
biaya untuk mencapai audiensi dalam jumlah besar dan iklan dalam media massa
dapat digunakan untuk menciptakan citra merek dan daya tarik simbolis bagi
suatu perusahan atau merek. Ada keuntungan adanya iklan dalam media massa
adalah kemampuannya menarik perhatian konsumen terutama produk yang iklannya
populer atau sangat dikenal masyarkat.
No comments:
Post a Comment