Apr 20, 2019

Pengertian Iklan Dalam Media Massa


Iklan adalah bentuk komunikasi nonoperasional mengenai suatu organisasi, produk, servis atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui. ‘Dibayar’ memiliki pengertian pada definisi tersebut menunjukkan fakta bahwa ruang atau waktu bagi suatu pesan iklan pada umumnya harus dibeli. Maksud dari kata ‘nonoperasional’ berarti suatu iklan melibatkan media masa (TV, radio, majalah, koran, dll) yang dapat menyampaikan pesan kepada sejumlah besar kelompok individu pada saat bersamaan. Iklan juga merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini ada kemungkinan  karena daya jangkau iklan sangat luas. Iklan juga menjadi instrumen promosi yang sangat penting, khususnya bagi perusahaan yang memproduksi barang-barang atau jasa yang ditunjukan kepada masyarakat luas. Ada beberapa alasan pemasangan iklan di media massa seperti pemasangan iklan dalam media masa dinilai efesien dari segi biaya untuk mencapai audiensi dalam jumlah besar dan iklan dalam media massa dapat digunakan untuk menciptakan citra merek dan daya tarik simbolis bagi suatu perusahan atau merek. Ada keuntungan adanya iklan dalam media massa adalah kemampuannya menarik perhatian konsumen terutama produk yang iklannya populer atau sangat dikenal masyarkat.

No comments:

Post a Comment