Apr 12, 2019

4 Karakteristik Berita


         Berita merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi dimasyarakat. Tentu saja suatu peristiwa atau informasi harus memiliki beberapa karakteristik agar bisa dikategorikan sebagai suatu berita. Karakteristik berita yaitu cepat, nyata, penting, dan menarik.
       Karakteristik yang pertama adalah cepat atau aktual. Peristiwa yang terjadi harus merupakan peristiwa yang baru saja terjadi atau yang sudah terjadi. Banyak peristiwa yang terjadi setiap saat di dunia, namun hanya beberapa beristiwa yang menjadi sorotan wartawan untuk dijadikan berita. kedua adalah nyata atau faktual. Berita merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di lapangan. Tidak hanya peristiwa tetapi juga informasi yang disajikan adalah suatu fakta, bukan fiksi ataupun opini.
      Karakteristik yang ketiga adalah penting. Peristiwa atau informasi yang dijadikan berita harus menyangkut kepentingan banyak orang. Peristiwa tersebut penting bagi masyarakat luas. Pentingnya suatu peristiwa tentu disetiap daerah berbeda-beda. Yang terakhir adalah suatu berita harus menarik. Suatu peristiwa harus menarik minat banyak orang. Peristiwa yang banyak dibicarakan dan diperdebatkan merupakan peristiwa yang menarik bagi masyarakat. Pada dasarnya, berita yang baik merupakan berita yang cepat, nyata, penting, dan menarik.




No comments:

Post a Comment