Apr 12, 2019

4 Unsur Penting Berita


             Setiap berita yang sering kita baca memiliki judul dan isi berita. Isi berita terbagi lagi menjadi Lead, Body, dan Leg. Hal ini merupakan unsur-unsur penting yang harus ada di suatu berita. Mari kita bahas unsur-unsur berita ini satu-persatu agar kita lebih mengenal berita.
            Suatu berita pasti memiliki judul. Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain. Judul merupakan gambaran keseluruhan dari isi karya tulis karena judul adalah identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis. Judul sangat penting dalam suatu berita karena hal pertama yang orang lihat ketika ingin membaca suatu berita adalah judul. Judul yang menarik tentu akan menarik minat berita tersebut untuk dibaca. Berikutnya adalah Lead yang merupakan kalimat pembuka yang mengawali suatu berita, berisikan ringaksan berita. Dalam alinea pembuka berita, dimulai dengan ringkasan yang kemudian akan dikembangkan lebih lanjut dalam alinea-alinea berikutnya. Lead merupakan headline dari berita.
            Unsur selanjutnya adalah Body. Body merupakan isi dari berita yang berisikan peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik, singkat, padat, dan jelas. Terakhir adalah Leg atau ekor berita. Leg merupakan bagian akhir dari suatu berita. Pada bagian ini memuat kesimpulan dari isi berita.
            Dalam menulis berita rumus yang harus kita ingat adalah 5W+1H (What, Who, When, Where, Why, dan How). Dengan memperhatikan rumus ini maka suatu berita dapat dikatakan lengkap.


No comments:

Post a Comment