Apr 11, 2019

3 Arti Berita


              Setiap hari banyak peristiwa yang di beritakan baik itu melalui media massa maupun media cetak. Setiap hari kita selalu membaca berita terupdate. Namun apa arti dari berita itu sendiri? Berita merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi. Berita berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Virt atau dalam bahasa inggris Write yang artinya “ada” atau “terjadi” dan “tulisan”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Jadi, berita itu merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi.
            Berita menurut para ahli memiliki arti yang tidak jauh berbeda. Menurut Assegaff berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang menarik perhatian pembaca. Selanjutnya menurut Mitchel V. Charnley berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang factual, penting, dan menarik bagi pembaca.
             Berita harus berisikan fakta-fakta namun tidak semua fakta adalah suatu peristiwa. Fakta yang dapat dijadikan berita adalah fakta yang berpengaruh bagi kehidupan banyak orang dan merupakan peristiwa yang penting dan menarik. Berita merupakan sejumlah peristiwa yang terjadi di dunia, tetapi hanya sebagian kecil saja yang dilaporkan  menurut Sumandiria pada tahun 2006 dalam Indah Suryawati ‘Jurnalistik Suatu Pengantar dan Praktik. Sebagai kesimpulan, berita merupakan hasil kerja jurnalistik yang merupakan realita bukan opini, peristiwa yang sedang hangat dimasyarakat, dan menarik perhatian.





No comments:

Post a Comment