May 12, 2019

Pengertian Konten Media dan 2 Jenis Konten Media


          Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik dan media adalah alat atau sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Sehingga konten media merupakan informasi-informasi yang disajikan dalam media elektronik atau digital dan disampaikan melalui berbagai medium seperti radio, televisi, daninternet. 
          Berdasarkan bentuk medianya, konten media elektronik dibagi menjadi tiga yaitu, radio, televisi, dan video streaming. Setiap jenis konten ini akan menyusun sebuah rangkaian acara pada media. Konten media disebut juga sebagai program siaran dari sebuah media. Jenis konten media atau program siaran dari media radio, diantaranya: Pertama, Siaran Pemberitaan dan Penerangan (News and Information Programmes) di dalamnya terdapat 4 macam, yaitu Warta berita, fakta dasar suatu cerita yang sedang atau baru terjadi. Reportase ,pemberitaan yang disajikan dengan paparan lengkap tentang suatu fakta dari peristiwa yang dilihat langsung. Penerangan umum (General information) yang bisanya berisi tentang siaran pengumuman atau informasi-informasi program yang akan di siarankan di dalam sebuah chanell radio. Serta Pengumuman (Public Service), biasanya berisi siaran tentang pengumuman atau informasi tentang layanan publik.
         Kedua, ada siaran Pendidikan, di dalam siaran pendidikan juga memeiliki beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenisnya : Siaran kanak-kanak,  siaran remaja, siaran sekolah, siaran pedesaan, siaran agama, ruangan wanita (women’s hour), serta pengetahuan umum. Ketiga, terdapat siaran Kebudayaan, isinya adalah Kesusastraan, Kesenian daerah/traditional dan Apresiasi Seni. Terakhir adalah siaran Hiburan, di dalamnya terdapat siaran musik daerah, musik Indonesia, musik asing serta hiburan ringan, seperti talkshow, komedi dan lain-lain.
                Jenis konten media atau program tayangan pada media televisi berdasarkan isi dibagi menjadi berita, pendidikan, hiburan, drama, olahraga, dan agama. Berdasarkan teknis diantaranya dibagi menjadi 10, yaitu berita, talk show, infotainment, documenter, komedi, film, sinetron, game show, music & variety show, serta reality show. Konten media atau  program  tayangan pada video streaming sama dengan konten media atau program tayangan pada televisi. Video streaming sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan untuk melakukan distribusi data audio, video, dan multimedia secara real-time melalui internet. Streaming secara langsung akan menjalankan file video atau audio yang terletak pada server, sehingga dapat secara langsung dijalankan pada komputer khalayak umum.

Literasi Tayangan Televisi - Malpraktik Jurnalisme

No comments:

Post a Comment