May 26, 2019

Mengenal Blog dan Website


Apa sih itu Blog? Tentu kita sering mendengar kata Blog atau bahkan kita memiliki sebuah Blog. Blog adalah singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah digunakan, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.
Pemilik blog biasanya menuliskan catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file, sehingga pengunjung dapat mendownload file yang kita masukkan.
Nahh lalu apa sihh itu Website? Secara umum, website (web) dipahami sebagai sekumpulan halaman yang terdiri dari beberpa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital, baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses dari seluruh dunia yang memiliki koneksi internet. Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terikat. Web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait berada dibawahnya. Biasanya setiap halaman yang berada dibawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web. Sedangkan menurut ahli lainnya, website adalah salah satu layanan interne yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email. Website awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer atau pengguna internet melakukan penelusuran informasi.

No comments:

Post a Comment