May 12, 2019

3 Pengelompokan Cara Mengumpulkan Bahan untuk Konten Media Televisi


Ada beberapa sumber yang dapat digunakan untuk bahan konten media televis. Sumber-sumber ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kelengkapan informasi atau tujuan yang diperlukan oleh konten media. Untuk itu, dibawah ini sudah dikelompokan cara untuk mengumpulkan bahan sesuai dengan konten media.
Pertama terdapat Berita dan Infotaiment. Di dalamya terdapat 5 tahap, disetiap tahapnya memiliki tugasnya masing-masing. Berikut adalah tahap beserta urutannya. Pertama, reporter dan juru kamera bertugas untuk mencari informasi dan mengambil gambar dilapangan, tempat isu sedang terjadi. Kedua adalah Kontak Publik yang merupakan orang-orang atau narasumber yang dapat dihubungi untuk dimintai keterangan. Ketiga, Kantor Berita memiliki reporter dan informasi secara lengkap tetang isu atau permasalahan yang sedang terjadi. Kantor berita terdapat sua jenis yaitu kantor berita nasional dan kantor berita nternasional. Empat, Siaran Pers merupakan informasi atau pernyataan yang dikirimkan ke media massa dengan tujuan untuk dapat dipublikasikan. Siaran pers dapat datang dari berbagai lembaga seperti organisasi lokal dan internasional, lembaga pemerintahan, dan sebagainya, terakir. Kelima, Jumpa Pers atau konferensi pers biasanya mempunyai tujuan untuk menyampaikan pesan yang akan menguntungkan lembaga yang mengadakan jumpa pers.
Kedua adalah film dan sinetron. Di dalam film dan sinetron terdapat 2 cara yaitu satu, membeli film dari produser film atau sinetron. Pihak stasiun televisi dapat membeli film pada produser film atau sinetron untuk memperoleh bahan yang dapat digunakan dalam penayangan program film atau sinetron. Dua, melakukan kerja sama dengan rumah produksi film atau sinetron. Pihak stasiun televisi dapat membuat kontrak kerja sama dengan salah satu rumah produksi film untuk memperoleh bahan penayangan program film atau sinetron.
Ketiga terdapat Talk Show, Dokumenter, Komedi, Game Show, Music & Variety Show, dan Reality Show. Berikut ini adalah tahap-tahapnya adalah pertama, membentuk tim produksi dan tim kreatif dari program acara. Tim produksi merupakan tim yang bertugas untuk memproduksi program acara. Di dalam tim produksi terdapat tim kreatif yang menjadi pencetus ide-ide untuk rangkaian acara daam program tayangan. Kedua, melakukan wawancara terhadap narasumber. Untuk memperoleh bahan penayangan, tim produksi juga dapat bekerjasama dengan pihak narasumber.


No comments:

Post a Comment