May 15, 2019

2 Pengertian Surat Kabar Menurut Ahli


Surat kabar sama seperti koran, namun istilah koran lebih populer di kalangan masyarakat. Apakah kita tahu apa itu surat kabar? Surat kabar berasal dari kata pers yang diambil dari istilah asing, tetapi kerap dipakai dalam bahasa Indonesia. artinya ditulis press yang berarti percetakan atau mesin cetak. Mesin cetak inilah yang memungkinkan terbitnya surat kabar, sehingga orang mengatakan pers itu adalah persuratkabaran. Surat kabar merupakan media massa yang tergolong popular dikalangan masyarakat. Baik itu tingkat atas, maupun tingkat bawah. Dalam kamus komunikasi, surat kabar diartikan sebagai lembaran yang tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri, terbit secara periodic, bersifat umum, isinya termassa, actual, mengenai apa saja dan dari mana saja di seluruh dunia, yang mengandung nilai untuk diketahui khalayak pembaca menurut Effendy.
Surat kabar atau pers adalah salah satu kekuatan sosial dan ekonomi yang cukup penting dalam masyarakat. pada awal perkembangannya, surat kabar dalam bentuk yang sangat sederhana, lembaran-lembaran kertas yang dipublikasikan secara lokal, hingga dalam bentuk yang sekarang dapat dilihat dengan halaman yang banyak serta dalam rasiasi publikasi kelas internasional terdapat di Itali. Di Jerman, koran pertama kali muncul pada awal abad ke-17. Seangkan di Inggris, dalam bentuk lembaran-lembaran kertas, lahir pada 1621. Semua itu merupakan cikal bakal dunia persuratkabaran yang kini terbit secara periodic, dengan produksi yang serba membaik.
Oleh karena itu, berkaitan dengan perkembangan dan membaiknya produksi pers atau surat kabar, kita hendaknya mempelajari ilmu tentang jurnalistik. Adapun fungsi jurnalistik yaitu untuk mengarahkan pers sebagai pembawa dan penyalur informasi, fakta, data, keterangan dan menghibur bagi semua orang. Sedangkan makna jurnalisitik adalah kegiatan menyampaikan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya.





No comments:

Post a Comment