May 26, 2019

5 Jenis Blog


  Hemm... kira-kira apa aja yaa jenis-jenias blog? Yukk kita baca penjelasan di bawah ini. Pertama ada Blog berdasarkan patformnya yaitu ada Blog Gratis (Free Blog) adalah blog disediakan gratis oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, baik itu subdomain dan juga hostingnya. Lalu ada Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri, dan pemilik blog membayar layanan tersebut. Biasanya self-hosting blog ini dimiliki oleh blogger profesional dan juga para internet marketer. Terakhir ada Micro blog adalah blog yang kontennya ditulis dengan jumlah karakter yang terbatas, dan tak sebanyak dari jenis blog yang lainnya.
Kedua ada Blog perusahaan (Corperate Blog). Corporate blog adalah blog yang berada dalam website sebuah perusahaan yang berisi beragam konten seperti berita seputar perusahaan atau balasan keluhan pelanggan. Blog ini ada 1 yaitu, Citizen journalism blog adalah blog yang ditulis oleh warga masyarakat (bukan jurnalis profesional) dan disediakan oleh pihak media tertentu.
Ketiga ada Blog berdasarkan isinya. Pertama Niche blog adalah blog yang ditulis oleh seseorang dengan tema-tema tertentu atau spesifikasi topik yang khusus. Kedua, General blog adalah blog yang berisi bermacam-macam tema atau topik yang bersifat umum. Bisa saja general blog ini membahas berbagai macam topik sekaligus karena memiliki beberapa penulis yang menyukai/ menguasai topik yang berbeda-beda.
Keempat adalah Blog berdasarkan tujuannya. Ada 4 yaitu, Personal blog adalah blog yang berisi macam-macam konten dan informasi berdasarkan pendapat si pemilik blog. Personal blog umumnya dibuat dengan tujuan sebagai media berekspresi atau media curahan hati. Lalu ada  Personal branding blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan berpromosi dan meningkatkan nama si penulis agar dikenal orang banyak. Biasanya blog personal branding memiliki gaya bahasa yang formal atau semi formal. Kemudian ada Monetisasi blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan memperoleh pendapatan atau uang. Biasanya blog seperti ini sangat mengandalkan faktor SEO untuk membuat banyak pengunjung berdatangan. Blogger di Indonesia banyak sekali menerapkan monetisasi blog, biasanya mereka menjadi publisher Google Adsense untuk menghasilkan uang dari blognya tersebut. Terakhir adalah Catalog blog adalah blog yang berisi beragam informasi sebagai bahan rujukan atau referensi. Blog ini disajikan seperti sebuah katalog yang diperuntukkan bagi siapa saja yang mengaksesnya.
Kelima ada Blog berdasarkan formatnya. Kira-kira apa aja yaaa, yukk baca penjelasannya.Aada Vlog adalah blog yang hanya berisi konten video. Lalu Blog Copy Paste adalah blog yang isinya diambil dari blog lain dengan cara copy paste. Blog seperti ini biasanya dimiliki oleh blogger yang malas atau tidak memiliki kreatifitas dalam membuat konten sendiri. Kemudian Sketchblog adalah blog yang formatnya berisikan kumpulan hasil portofolio seseorang. Ada juga Linklog adalah blog yang hanya berisi kumpulan link. Selanjutnya ada Photoblog / Phlog adalah blog yang berisi khusus konten foto. Ada Audioblog adalah blog yang berisi isi utamanya berupa file musik yang bisa didownload secara bebas.Ada juga Tumbleblogs adalah blog yang berisi text pendek dan beberapa konten dari media. Selanjutnya ada Typecasting blog adalah blog yang berisi kumpulan tulisan tangan, notes atau ketikan mesin tik yang discan. Ada juga Blog iklan baris adalah blog yang berisi kumpulan iklan baris. Blog iklan baris ini banyak sekali kita temukan di internet. Terakhit ada Splog adalah blog yang berisi beragam iklan. Splog biasanya juga disebut sebagai spam blog. Jenis blog seperti ini sangat banyak dimiliki oleh para spammer di Indonesia. Sekarang kita jadi tahu apa saja jenis-jenis blog. Apakah kalian tertarik untuk membuat Blog?

No comments:

Post a Comment