Adapun
persyaratan dari sebuah rubrik media massa yang perlu diperhatikan, yaitu : Pertama, Pangsa pasar yang jelas maksudnya adalah rubrik seharusnya memiliki
pangsa pasar yang jelas. Alasannya karena isi dan tampilan nanti akan disajikan
pada pembaca akan disesuaikan dengan sasaran pembaca rubrik tersebut. Misalnya,
rubrik remaja akan dikemas lebih bewarna dan didominasi oleh gambar nuansa
kartun tiga dimensi disbanding dengan rubrik politik yang biasanya hanya
dilengkapi dengan ilustrasi karikatur. Kedua, memiliki konten yang beragam maksudnya adalah umumnya sebuah halaman
atau rubrik memiliki lebih dari tiga konten yang berbeda. Berita atau opini
utama biasanya disimpan di bagian atas halaman dengan foto dan judul yang
besar. Berita ini lazim disebut headline. Pemilihan headline biasanya
berdasarkan news value yang terkandung dalam berita tersebut. Di bawah berita
kedua biasanya terdapat berita yang disebu berita senter atau second yang tidak kalah penting. Berita
jenis ini biasanya diberi garis lurus atau kotak sehingga dapat dibedakan
dengan berita umum biasanya. Konten yang ketiga biasanya berbentuk kirian,
memuat sekilas info, ensiklopedia, berita ringan, pojok, komentar pembaca,
sosok atau tokoh inspiratif, maupun tips dan trik. Di luar ketiga hal tersebut,
sebuah rubric biasana diisi dengan berita tambahan, iklan, foto, atau ilustrasi
lainnya. Ketiga, memiliki
dummy/ draft maksudnya, dummy
adalah kerangka halaman yang dapat menjadi panduan divisi pracetak dalam
menyimpan konten berita, foto, dan ilustrasi menjadi halaman yang menarik dan
enak dipandang. Dummy ini biasanya memiliki standar yang baku, walaupun tata
letaknya dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, berita headline selalu disimpan
di bagian atas rubrik, kirian selalui disimpan dikiri, iklan selalu disimpan di
atas atau di bawah halaman, dan lainnya. Dengan adanya dumi, akan memudahkan
divisi pracetak dalam menentukan berapa berita, foto, atau iklan yang dapat
masuk dalam sebuah halaman.
Keempat, memiliki nama dan kop maksudnya adalah layaknya sebuah produk
yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, rubric pun haru memiliki gaya
dan tampilan yang menarik agar dapat menjual. Selain dengan tata letak dan
perwajahan yang dinamis, hal tersebut juga dapat dilakukan dengan cara memilih
nama dan membuat desain kop (atasan) rubrik yang menarik dan menjual. Sesuai
dengan prinsip branding, nama sebuah
rubrik harus mudah diingat, sesuai dengan segmentasi pembaca, dan mengandung
arti atau harapan. media massa.
Rubrik Juga memiliki fungsi, berikut adalah fungsi dari
rubrik media massa .Pertama
rubrik
informasi, meliputi perihal keluarga (pertunangan, perkawinan, kelahiran, dan
kematian). Perihal kesejahteraan (koperasi, fasilitas dari organisasi,
peraturan, surat keputusan, pergantian pemimpin, kepindahan pegawai, dan lain-lain).
Kedua, rubrik
edukasi, meliputi tajuk rencana, artikel, dan kutipan pedapat tokoh. Ketiga, rubrik rekreasi meliputi
cerita pendek, anekdot, pojok atau sentilan dan kisah kehidupan seseorang.
No comments:
Post a Comment